Sabtu, 10 Maret 2012

Obat Tradisional

Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh (wikipedia.org).
Jamu dan obat herbal tradisional, sampai saat ini belum dikembangkan secara optimal. Produksi jamu dan obat-obatan herbal tradisional lebih banyak diproduksi oleh home industry. Hanya sebagian kecil jamu dan obat-obatan herbal tradisional yang diproduksi secara masal melalui industri jamu dan obat tradisional di pabrik-pabrik. Untuk meningkatkan kualitas, mutu, dan produk jamu serta obat-obatan yang dihasilkan oleh masyarakat kita, diperlukan kerjasama seluruh pihak yang terkait.Kerjasama itu dimaksudkan agar jamu dan obat herbal tradisional yang dihasilkan dapat bersaing, baik di pasar regional maupun global.
Beredarnya jamu dan obat-obatan yang tidak terdaftar di Badan Pengawasan Obatdan Makanan, akan merugikan konsumen. Di samping itu, secara ekonomi, beredarnya obat-obatan seperti itu justru akan merusak citra obat tradisional. Citra yang rusak akhirnya akan memukul produksi dan pemasaran obat-obatan herbal, di dalam maupun di luar negeri. Pemerintah, terus berupaya melakukan pengawasan demi meningkatkan keamanan, mutu, dan manfaat obat tradisional. Hal ini dilakukan agar masyarakat terlindung dari obat tradisional yang dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan (marhaenisme.com).
Untuk melindungi konsumen dari penggunaan obat tradisional yang dalam pembuatannya tidak sesuai dengan standar keamanan dan kualitas mutu yang terjaga maka BPOM mengeluarkan peraturan tentang cara pembuatan obat tradisional yang baik.

Lewat link dibawah ini anda dapat mendownload peraturan-peraturan mengenai obat tradisional

http://www.pom.go.id/nonpublic/obat_tradisional/default.asp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar